Manfaat Website untuk bisnis ? 8 Manfaat bagi pemilik Usaha

https://www.adyatma.com/news/
Manfaat Website untuk Bisnis

Sejarah Website

Tanggal 6 Agustus ditandai sebagai hari lahirnya website yang dibuka untuk publik. Tim Berners Lee adalah sosok di balik kelahiran website tersebut. Awalnya Tim Berners Lee membuat proyek World Wide Web pada tahun 1989 sebagai alat komunikasi otomatis untuk berbagi informasi antar ilmuwan di berbagai belahan dunia.

Tim Berners Lee baru berinisiatif membuka website untuk publik pada 6 Agustus 1991. Kemudian pada tahun 1994, ia mendirikan World Wide Web Consortium yang berfungsi mengembangkan protokol dan guideline untuk memastikan pertumbuhan jangka panjang website.

Pada tahun 1994, baru terdapat sekitar 2.738 website terdaftar dan aktif. Website mengalami peningkatan jumlah yang drastis setiap tahunnya. Di tahun 2017, setidaknya terdapat sekitar 1,7 milyar website yang aktif.

 

Manfaat Website Secara Umum

Sepanjang sejarah website mengalami perubahan fungsi sesuai kebutuhan masyarakat. Di awal pembuatannya website hanya dimanfaatkan untuk alat pertukaran informasi para ilmuwan di perguruan tinggi.

Baru pada tahun 1994, website dimanfaatkan untuk tujuan lain seperti bisnis (Microsoft, IBM, dan Pizza Hut), organisasi (Amnesty International), lembaga pemerintah (White House), situs berita (The Telegraph dan The Economist), dan mesin pencari (Yahoo!).

Dalam perkembangannya, website semakin merakyat dan semakin mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari meroketnya jumlah website yang mencapai sekitar 1,7 milyar pada tahun 2017.

Kini website tidak eksklusif untuk perusahaan besar, organisasi ternama, atau pemerintah adidaya saja. Bahkan website dapat dimanfaatkan untuk tujuan pribadi seperti berbagi pengalaman perjalanan, menulis tutorial, atau menampilkan karya dan portofolio.

Website memang membawa segudang manfaat yang dapat diterapkan oleh siapa saja, dari pemilik perusahaan besar hingga blogger. 

Manfaat Website Bagi Bisnis Dan Kelangsungan Usaha

Nah, berikut ini 8 alasan mengapa bisnis Anda memerlukan website, dan apa saja manfaat website untuk bisnis, tidak peduli apapun ukuran bisnis Anda.

Sebab, sekarang adalah eranya informasi, era keterbukaan dan kemudahan komunikasi.

Tetaplah menyimak…

1. Meningkatkan Kredibilitas Usaha Kecil

Hari ini, konsumen semakin banyak menggunakan internet untuk mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan.

Usaha kecil Anda akan mendapatkan kredibilitas dengan memiliki website. Tanpa website, pelanggan potensial akan pergi ke pesaing Anda yang memiliki website.

Jika Anda sudah memiliki situs web tetapi masih apa adanya, ada baiknya Anda desain ulang dengan tampilan yang lebih profesional, sehingga akan memberikan tingkat kepercayaan yang lebih besar pada bisnis Anda.

Untuk bisnis rumahan, ini sangat menguntungkan karena Anda tidak harus memiliki toko offline (toko fisik) terlebih dahulu untuk mempromosikan produk atau jasa.

2. Menghemat Uang

Sebagai pemilik usaha kecil, Anda mungkin berpikir bahwa Anda belum mampu membuat sebuah website yang profesional.

Namun, coba bandingkan dengan biaya iklan di surat kabar, ketika Anda bisa melihat pasar potensial yang dapat Anda capai dengan website, itu adalah cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda.

Meskipun biaya membangun website itu bervariasi untuk Company profiletoko online atau website lainnya, sebuah situs web untuk usaha kecil umumnya berbiaya di bawah Rp500.000 per bulan. Dan akan jauh lebih hemat lagi jika dikonversikan per tahunan.

3. Selalu Terhubung Dengan Pelanggan

Coba bayangkan website Anda sebagai brosur online atau katalog.

Adalah jauh lebih mudah dan cepat untuk memperbarui informasi tentang produk dan layanan di situs Anda daripada dalam bahan cetak, sehingga ini adalah cara yang efektif untuk menginfokan kepada pelanggan Anda tentang kedatangan produk baru, acara mendatang, promosi khusus, atau layanan baru yang sedang Anda tawarkan.

Tidak seperti iklan cetak yang cepat menjadi usang, situs web Anda dapat memberikan informasi yang senantiasa up-to-date.

4. Mudah Diakses

Sebuah website bisa diakses oleh Anda sendiri dan pelanggan potensial selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun.

Mereka bisa dengan nyaman melihat produk dan jasa Anda ketika toko atau kantor offline ditutup.

Dengan gaya hidup yang selalu sibuk di masa kini, ini adalah selling point yang besar ketika membuat keputusan pembelian.

5. Menjangkau Target Pasar Yang Lebih Luas

Baik menjual produk maupun jasa, website akan selalu menjadi tempat alternatif yang menarik untuk mempromosikannya.

Sebagai penjual eceran suatu produk, sebuah situs web eCommerce atau toko online, adalah tempat yang bagus untuk mempromosikan produk Anda ke pasar yang lebih luas, karena produk Anda bisa diakses dan dilihat secara global.

Eits, tapi tunggu dulu, jangan buru-buru berpikir kalau Anda tidak dapat menjual produk atau layanan secara online. Bahkan mobil dan rumah pun bisa dijual secara online lho!

6. Sarana Katalog Produk Dan Jasa (Portofolio)

Tidak peduli apa pun jenis usaha yang Anda jalani, sebuah situs web adalah tempat yang bagus untuk memperlihatkan karya Anda.

Dengan memasukkan portofolio atau galeri foto produk, serta testimonial tentang pekerjaan Anda, Anda dapat menunjukkan apa yang membuat bisnis Anda unik.

7. Menghemat Waktu

Tahukah Anda, memberikan informasi kepada pelanggan pasti membutuhkan waktu, baik itu lewat telepon, bertatap muka, melalui brosur, ataupun dalam email.

Dengan katalog online, Anda dapat memberikan banyak informasi tentang produk dan jasa Anda.

Setelah website Anda jadi, maka website bisa diakses oleh para pelanggan Anda tanpa batas, dan sangat menghemat waktu Anda.

Ya, dan waktu adalah uang!

8. Meningkatkan Pelayanan Pada Pelanggan

Semisal, mungkin Anda menjual produk ramah lingkungan dan ingin berbagi tips tentang cara mendaur ulang.

Atau semisal lagi, mungkin Anda seorang akuntan dan ingin memberikan nasihat kepada klien Anda tentang cara untuk menyederhanakan praktik pembukuan mereka.

Nah, dengan menambahkan halaman tanya jawab, menulis artikel dan blog, atau memberikan info newsletter untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan Anda, hal tersebut dapat membuat para pelanggan selalu up-to-date.

Nah, kira-kira, apakah ada cara lain yang lebih baik untuk memberikan layanan plus-plus seperti ini dibandingkan dengan berbagi informasi pada website Anda? Hmm, Anda pasti sudah tahu jawabannya.

Kesimpulan

Website memiliki segudang manfaat yang dapat dirasakan oleh siapa saja. Anda dapat memanfaatkan website untuk kepentingan pribadi seperti menuangkan opini dan pengalaman. Website juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan komersil perusahaan. Masyarakat secara umum pun dapat merasakan manfaat website melalui layanan publik dan layanan informasi.

Konsultasi atau info lebih lanjut bisa hubungi kami di bawah ini