Categories: marketing

11 Plugin Afiliasi WordPress Terbaik 2021

Mencari uang di zaman sekarang juga bisa dilakukan melalui internet, lho! Cukup dengan membangun blog sendiri, misalnya di platform WordPress, Anda bisa menghasilkan uang online.

Ada banyak sekali peluang yang ditawarkan bagi blogger dan pemilik website, termasuk afiliasi. Program ini menawarkan kerja sama antara blogger dan pihak penyedia produk dan jasa. Sebagai imbalan karena telah membantu menaikkan penjualan mereka, blogger akan mendapatkan sejumlah komisi.

Agar aktivitas pemasaran afiliasi semakin lancar, Anda butuh plugin afiliasi untuk WordPress. Fungsi plugin ini adalah untuk melacak afiliasi dan tingkat konversi, menghitung komisi, dan lain sebagainya. Jadi, Anda tak perlu memikirkan hal-hal teknis, seperti pelacakan dan penghitungan. Fokus saja pada konten dan cara promosi yang akan dilakukan. Sisanya, biarkan plugin yang menyelesaikannya!

Di artikel ini, kami akan membahas 11 plugin afiliasi untuk WordPress yang wajib banget diinstall.

Mengapa Menggunakan Plugin Afiliasi untuk WordPress?

Pemasaran afiliasi adalah metode yang digunakan produsen untuk meningkatkan konversi dan penjualan. Ia akan bekerja sama dengan affiliate yang akan melakukan kampanye promosi melalui media sosial dan website pribadi (misalnya, blog). Komisi yang diberikan ke affiliate dihitung berdasarkan penjualan dan trafik yang berhasil diperoleh melalui link referral.

Baca artikel panduan afiliasi untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pemasaran afiliasi.

Saat ini seseorang bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam berselancar di internet. Tak heran kalau metode pemasaran afiliasi dipandang sebagai strategi jitu untuk mempromosikan bisnis dan produk suatu perusahaan.

Terlepas dari fakta ini, tanpa tool yang tepat, Anda tidak bisa memaksimalkan program pemasaran afiliasi. Dibutuhkanlah yang namanya plugin afiliasi. Sebagai salah satu CMS terpopuler, WordPress memiliki koleksi plugin yang akan membantu penggunanya mengelola program afiliasi.

Berfungsi sebagai sistem manajemen afiliasi, plugin dan software ini menawarkan beberapa fitur standar, seperti:

  • Manajemen Afiliasi – melacak komisi dan performa afiliasi.
  • Laporan Penjualan dan Konversi – menampilkan jumlah penjualan dan konversi yang diperoleh melalui program afiliasi.
  • Pembuat Link Referral – membuat link referral untuk mempermudah akses ke website, produk, dan layanan yang dipasarkan.

Berdasarkan ketiga poin di atas, menginstall plugin afiliasi untuk WordPress pastinya akan sangat membantu kegiatan kampanye pemasaran yang dilakukan.

11 Plugin Afiliasi untuk WordPress

Di antara sekian banyak plugin, kami memilih 10 plugin afiliasi terbaik berdasarkan fitur dan kegunaannya.

1. AffiliateWP

Karena keunggulannya, kami memilih AffiliateWP sebagai salah satu plugin afiliasi untuk WordPress yang wajib ada di daftar ini. Dikembangkan oleh tim yang juga mengelola plugin ecommerce Easy Digital Downloads, AffiliateWP memiliki sistem affiliate manager yang akan mengelola affiliate, komisi, dan referral.

Software antarmuka pengguna AffiliateWP mengadopsi tampilan dashboard WordPress untuk membuat lingkungan kerja yang nyaman bagi para affiliate. Plugin ini juga bisa diintegrasikan dengan plugin ecommerce, plugin formulir, dan plugin keanggotaan milik WordPress.

Beberapa fitur unggulan AffiliateWP:

  • Automatic affiliate creation – bangun jaringan afiliasi. Aktifkan pembuatan akun afiliasi otomatis bagi user yang ingin mendaftarkan akun WordPress mereka di website Anda.
  • Affiliate URL – berikan kemudahan bagi para affiliate untuk membuat link/URL afiliasi menggunakan ID Affiliate atau username WordPress.
  • Developer tool – tambahkan fitur dan fungsi menggunakan coding untuk mengaktifkan hook dan template.
  • Affiliate area – affiliate lebih mudah dalam melacak performa dan mengelola kampanye.

WP affiliate plugin premium ini hadir dalam empat paket dengan harga yang berbeda-beda, mulai dari 99 USD – 249 USD per tahun. Anda juga bisa membeli lisensi seumur hidupnya hanya dengan satu kali pembayaran, yakni sebesar 499 USD. Selain fitur premium, Anda juga akan memperoleh notifikasi setiap kali plugin harus diperbarui dan juga bantuan melalui email.

2. Affiliates Manager

Bagi yang belum familiar dengan metode pemasaran afiliasi, bisa menginstall plugin Affiliates Manager untuk mengetes seberapa efektif kampanye ini dilakukan.

Selain gratis, plugin afiliasi untuk WordPress ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang tak kalah bagusnya dari plugin premium. Anda bisa membuat program afiliasi tanpa batasan jumlah dan melihat laporan real-time segera setelah terjadinya konversi.

Beberapa fitur unggulan Affiliates Manager:

  • Ecommerce integration – perluas lingkup manajemen dengan mengintegrasikan plugin afiliasi untuk WordPress ini ke plugin ecommerce, seperti WooCommerce, Simple Shopping Cart, dan iThemes Exchange.
  • Individual commission rate – pilih PayPal untuk membayar komisi dan memberikan reward kepada affiliate.
  • Autoresponder integration – tambahkan affiliate ke daftar newsletter MailChimp dan MailPoet.

WP affiliate plugin ini memang menawarkan versi gratis. Namun kalau Anda ingin menikmati fitur premiumnya, seperti bantuan teknis dan menginstall plugin di banyak website, Anda harus membayar biaya berlangganan sebesar 39 USD (Single Site) hingga 97 USD (Developer License).

3. ThirstyAffiliates

Kalau menginginkan kontrol penuh terhadap link afiliasi, ThirstyAffiliates adalah pilihan yang paling tepat. Plugin afiliasi untuk WordPress ini memiliki berbagai fitur yang memberikan kemudahan dalam mengelola URL referral.

Satu kelebihan yang membuat ThirstyAffiliate menjadi idaman di antara para pembuat program afiliasi adalah kemudahannya mengubah link referral bahkan menyembunyikannya. Konsumen pun tak tahu kalau link yang terpasang adalah link afiliasi.

Beberapa fitur unggulan ThirstyAffiliates:

  • Autolink keywords – menggunakan kata kunci untuk memicu penggunaan link referral di setiap postingan.
  • Smart uncloaking – membuat link referral terlihat lebih menarik dan mudah diingat.
  • Proactive link fixer – memastikan link selalu diperbarui dan tidak menampilkan halaman 404 error.
  • Geolocation link – atur tujuan alternatif setelah link referral diklik. Misalnya, jika konsumen yang ditargetkan berasal dari UK, sesuaikan link referall dan tujuannya berdasarkan negara tersebut.

WP affiliate plugin ini bisa diinstall tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Namun, kalau Anda ingin menggunakan semua fiturnya, upgrade akun gratis ke akun premium dengan membayar biaya berlangganan mulai dari 49 USD hingga 149 USD per tahun. Besaran biaya ini tergantung pada fitur dan paket yang dipilih.

4. YITH WooCommerce Affiliates

WooCommerce memperluas jangkauan sektor ecommercenya dengan merilis plugin YITH WooCommerce Affiliates WordPress. Karena berasal dari plugin ecommerce yang sudah cukup dikenal, plugin afiliasi untuk WordPress ini akan memberikan banyak kegunaan ketika terintegrasi dengan plugin WooCommerce lainnya, seperti YITH WooCommerce Subscription dan YITH WooCommerce Account Funds.

WP affiliate plugin ini juga bisa berdiri sendiri. Fungsi utama tool ini adalah membangun relasi antara pihak pembuat program afiliasi dan affiliate dengan menawarkan berbagai fitur untuk menambah keuntungan anggota.

Beberapa fitur unggulan YTH WooCommerce Affiliates:

  • User-affiliate permanent association – setelah pembelian dilakukan melalui link referral afiliasi, pembelian berikutnya dari referral yang sama akan menjadi milik affiliate.
  • Payment request – memperbolehkan affiliate untuk meminta penarikan komisi.
  • Commission management – menambah atau menghapus anggota afiliasi ketika mengelola order (jika diperlukan).

Sama seperti Affiliates Manager, nantinya Anda akan diberikan opsi untuk berlangganan paket gratis atau berbayar. Jika memilih paket berbayar, biaya yang harus dikeluarkan mulai dari 69.99 USD – 169.99 USD per tahun.

5. Affiliates

Plugin afiliasi untuk WordPress lainnya yang bisa diinstall secara gratis adalah Affiliates. Berkat dashboard berbasis templatenya, Anda bebas mengatur desain dan fasilitas yang akan diberikan kepada affiliate.

Keunggulan utama Affiliates adalah kemampuannya berintegrasi dengan semua jenis platform, termasuk ecommerce, keanggotaan (membership), dan lead generation. Tak ketinggalan juga integrasi dengan plugin afiliasi lainnya, seperti WooCommerce dan eShop.

Beberapa fitur unggulan Affiliates:

  • Automatic affiliate registration – merekrut affiliate secara otomatis, bahkan tidak perlu menggunakan akun untuk mendaftar.
  • Intuitive affiliate dashboard – atur dashboard sesuai dengan kebutuhan Anda dan affiliate.
  • Mass payments – distribusikan semua komisi secara bersamaan berdasarkan jumlah yang telah diakumulasi.

Plugin ini memang gratis, tapi kalau Anda ingin menambahkan plugin lainnya guna mengoptimalkan performa program afiliasi, Anda akan dibebankan biaya. Biaya penambahan plugin bervariasi, mulai dari 19 USD hingga 399 USD per tahun.

6. Amazon Auto Links

Bikin penghasilan tambahan dengan menginstall Amazon Auto Links. Plugin afiliasi untuk WordPress ini akan membuat link produk terbaru berdasarkan kategori yang dipilih dan juga niche situs.

Untuk memasang Amazon Auto Links di website, Anda harus membuat akun di Amazon Associates terlebih dulu. Alasannya, link yang dibuat akan ditautkan ke ID Amazon Associates. 

Beberapa fitur unggulan Amazon Auto Links:

  • No JavaScript dependence – menjalankan iklan bahkan di browser yang mematikan JavaScript.
  • Custom layout – mendesain template menggunakan HTML/CSS dan PHP.
  • Automatic insertion – tentukan lokasi untuk menampilkan link.

WP affiliate plugin ini memiliki fitur dasar yang dapat diakses secara gratis. Jika ingin upgrade berdasarkan fungsi yang dibutuhkan, biaya yang perlu dibayarkan mulai dari 57.98 USD hingga 297.98 USD per tahun.

7. Ultimate Affiliate Pro

Tahukah Anda kalau affiliate juga bisa jadi konsumen dan nggak cuma partner kerja sama? Dengan menggunakan fitur unik plugin Ultimate Affiliate Pro, Anda bisa ‘mengubah’ peran affiliate dari partner menjadi konsumen agar mereka dapat menghabiskan komisi memanfaatkan diskon tetap (flat).

Dengan bantuan plugin afiliasi untuk WordPress ini, Anda juga dapat meningkatkan brand awareness dan melakukan lebih banyak penjualan karena jaringan afiliasi diubah ke sistem multi-level marketing. Sistem peringkatnya akan menggolongkan affiliate ke peringkat yang berbeda-beda dan memberikan reward.

Beberapa fitur unggulan Ultimate Affiliate Pro:

  • Performance bonuses – mengatur bonus komisi untuk setiap peringkat.
  • Allow own referrals – memperbolehkan affiliate mendapatkan komisi dari referral diri sendiri.
  • Affiliate custom slug – memperbolehkan affiliate untuk menyembunyikan identitas atau nama perusahaan mereka dengan membuat slug sendiri.

Gunakan plugin ini untuk seumur hidup dengan membayar 36 USD per website.

8. ReferralCandy untuk WooCommerce

Berbeda dari plugin afiliasi yang ada di daftar ini, program afiliasi ReferralCandy justru menyasar konsumen sebagai calon anggota affiliate. Sebagai imbalannya, konsumen akan memperoleh reward karena sudah berhasil mengarahkan orang-orang untuk berkunjung ke situs Anda. Adapun rewardnya berupa uang tunai, diskon, atau produk gratis.

Program referensikan teman meniadakan proses registrasi karena siapa pun bisa jadi affiliate. Dikombinasikan dengan penggunaan link referral pribadi, Anda akan memperoleh keuntungan berlipat – memberi reward kepada konsumen tetap dan mendapatkan konsumen baru di saat bersamaan.

Beberapa fitur unggulan ReferralCandy:

  • Automatic reward distribution – memberikan reward langsung dalam bentuk kupon, uang tunai, atau custom gift ke konsumen.
  • Referrals and engagement tracking – mendokumentasikan setiap referral, penjualan, dan pembagian dari program referral.
  • Fraud protection – mencegah adanya self-referral (referral diri sendiri) dan penjualan referral yang tidak terverifikasi.

Untuk menggunakan semua fiturnya, Anda harus berlangganan paket premium ReferralCandy mulai dari 49 USD per bulan hingga 3999 USD per tahun untuk paket enterprise.

9. Affiliate Royale

Affiliate Royalle adalah sistem manajemen afiliasi yang bisa melacak affiliate dan mengelola pendistribusian komisi.

Terkait fitur, Affiliate Royale punya banyak kesamaan dengan AffiliateWP. Bahkan plugin afiliasi untuk WordPress ini bisa terhubung ke keranjang belanja (shopping cart), situs keanggotaan (membership site), dan berbagai metode pembayaran, misalnya PayPal dan Cart66.

Beberapa fitur unggulan Affiliate Royale:

  • Dedicated admin panel – melacak performa affiliate, membagikan media promosi, dan membuat laporan dari satu tempat saja.
  • Affiliate area – memperbolehkan affiliate untuk memantau performa dan komisi.

Affiliate Royale menawarkan dua paket premium yang dapat dibayarkan satu kali saja, yaitu Merchant Edition seharga 85 USD dan Developer Edition senilai 165 USD.

10. Post Affiliate Pro

Selanjutnya, ada Post Affiliate Pro yang jadi WP affiliate plugin terbaik. Software ini bisa melakukan pelacakan menggunakan berbagai metode dan link pelacakan langsung. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh laporan yang sangat akurat.

Anda juga akan diberi akses untuk menentukan beberapa tipe komisi. Berikan komisi kepada affiliate berdasarkan performa dan jumlah penjualan dan konversi yang berhasil dilakukan melalui link referral.

Beberapa fitur unggulan Post Affiliate Pro:

  • Split commission – berikan komisi ke semua affiliate yang berpartisipasi dalam penjualan tertentu dan bukannya di refferer pertama atau terakhir saja.
  • Ad channel tracking – gunakan metode pelacakan trafik tingkat lanjut untuk menentukan strategi promosi selanjutnya.
  • Private campaigns – buat kampanye pribadi yang hanya bisa dilihat oleh affiliate tertentu saja.

Layanan premium Post Affiliate Pro memiliki biaya berlangganan mulai dari 97 USD sampai 477 USD per bulan.

11. EasyAzon

EasyAzon adalah plugin afiliasi WordPress Amazon yang akan membuat link ke semua produk Amazon.com.

Anda tidak perlu lagi mencari satu per satu produk Amazon di website resminya. Cukup gunakan fitur pencarian bawaan yang terpasang di situs Anda dan link referral akan otomatis muncul.

Nikmati fitur add-to-cart yang dilengkapi dengan increased cookie length. Artinya, pada saat konsumen mengklik link afiliasi dan menambahkan produk ke keranjang belanja, Anda akan diberikan waktu tambahan untuk memperoleh komisi apabila mereka melakukan pembelian dalam 89 hari.

EasyAzon mendukung opsi pop up produk bawaan untuk menarik perhatian pengunjung dan meningkatkan penjualan.

Keunggulan lain menginstall plugin ini adalah pengadaan komisi dari trafik internasional. Link afiliasi akan secara otomatis disesuaikan dengan lokasi pengunjung. Misalnya, pengunjung yang berasal dari UK otomatis akan melihat link Amazon.co.uk.

EasyAzon tersedia di negara-negara yang masuk dalam program afiliasi Amazon Associates, seperti Amerika Serikat, Tiongkok, India, Jepang, dan masih banyak lagi.

WP affiliate plugin ini bisa dicoba secara gratis. Namun, untuk lisensi multi-sitenya sendiri dikenakan biaya sebesar 47 USD. Sebagai bonusnya, Anda akan diberi akses ke kursus afiliasi Amazon.

Kesimpulan

Pemasaran afiliasi semakin populer belakangan ini karena tingkat kesuksesannya yang tinggi dan hasil jangka panjang yang dituai. Tak heran kalau software program afiliasi berperan penting dalam keseluruhan proses pemasaran.

Berikut rangkuman sebelas plugin afiliasi untuk WordPress yang dikategorikan terbaik berdasarkan fitur dan kegunaannya:

  1. AffiliateWP – melengkapi sistem program afiliasi dengan tool developer.
  2. Affiliates Manager – software open-source bagi yang belum familiar dengan pemasaran afiliasi.
  3. ThirstyAffiliate – memiliki kontrol penuh terhadap link afiliasi.
  4. YITH WooCommerce Affiliates – maksimal jika terintegrasi dengan plugin WooCommerce lainnya.
  5. Affiliates – dapat terintegrasi dengan semua jenis platform.
  6. Amazon Auto Links – iklan dapat dijalankan bahkan di browser yang tidak mengaktifkan JavaScript.
  7. Ultimate Affiliate Pro – Ubah affiliate dari partner bisnis menjadi konsumen untuk menaikkan revenue.
  8. ReferralCandyversi terbaru strategi pemasaran dari mulut ke mulut.
  9. Affiliate Royale – lacak affiliate dan kelola pendistribusian komisi.
  10. Post Affiliate Pro – metode pelacakan trafik tingkat lanjut yang menghasilkan laporan akurat.
  11. EasyAzon – dapatkan komisi dalam jangka waktu 89 hari.

Ingatlah untuk selalu mempertimbangkan kebutuhan program afiliasi dan kegunaan software pendukung sebelum memutuskan untuk menginstall salah satu WP affiliate plugin di atas!

Sumber : https://www.hostinger.co.id/tutorial/plugin-afiliasi-wordpress

adyatma solution

Recent Posts

Bagaimana Cara Membuat Landing Page yang Efektif?

Sebagai seorang pebisnis, Anda perlu membuat landing page untuk website Anda. Membuat landing page merupakan salah satu…

1 month ago

Cara Install WordPress Theme Sangat Mudah

Pengantar Siapa pun tahu kalau theme standard WordPress itu membosankan dan hanya menawarkan fitur yang…

1 month ago

Cara Menambahkan AdSense di WordPress

Pengenalan – Cara Menambahkan AdSense Setiap website atau blog bisa digunakan untuk menghasilkan passive income.…

1 month ago

Panduan Tips WordPress Maintenance Mode

Saat ingin memperbarui website secara besar-besaran, Anda sebaiknya mengaktifkan WordPress maintenance mode terlebih dahulu. Fungsi…

1 month ago

Panduan Cara Membuat Website Sendiri Menggunakan WordPress dengan Mudah

1. Menentukan Ide Website Menentukan ide dan topik adalah hal paling pertama yang harus Anda…

1 month ago

Jasa Pembuatan Website bergaransi di Indonesia

jasa pembuatan website Bergaransi Terpercaya berpengalaman dalam pembuatan aplikasi web, mobile apps, digital marketing dan…

4 months ago

This website uses cookies.